Sabtu, 28 Agustus 2010

Seafood yang Mencerdaskan

Seafood adalah salah satu jenis makanan terpopuler di dunia, seperti halnya daging dan telur. Alasannya tentu sudah jelas dan pasti, rasa seafood sangat memanjakan lidah. Kepiting, kerapu, dan belida adalah sedikit contoh dari ikan laut yang berharga mahal dan sangat terkenal kenikmatannya.


Tapi kepopuleran seafood tidak terbatas pada rasanya saja. Manfaat ikan yang sangat baik bagi kecerdasan anak juga menjadi sebab seafood banyak digemari orang. Bahkan moms yang sedang hamil pun sangat disarankan untuk mengkonsumsi seafood secara berlanjut. Menurut Dr. Joseph Hibblen dari National Institute of Health, Maryland, Amerika menyatakan bahwa seafood merupakan sumber utama lemak Omega-3.

Para moms yang hamil juga tak perlu khawatir mengenai efek merkuri dalam ikan yang sempat menjadi kontroversi. Menurut Gary J. Myers, MD dari Universitas Rochester, New York yang melakukan penelitian terhadap 779 moms hamil dan bayinya, tidak ditemukan efek dari konsumsi ikan laut. “Kami meneliti moms hamil yang makan ikan setiap hari. Sembilan tahun berikutnya, kami mengecek ulang kondisi anaknya, ternyata tidak ada efek buruk terhadap anak-anak tersebut,” ujarnya. Jadi tak usah khawatir efek buruk merkuri bagi janin dalam kandungan.

Seafood sebagai sumber Omega-3 yang sangat baik bagi perkembangan otak anak memang bukan rahasia lagi. Jadi selama masa kehamilan moms harus rutin mengkonsumsi seafood. Salah satunya, yang paling sering dianjurkan adalah ikan salmon. Sebab, menurut Dr. Mikio Nihira, MD, MPH, Asisten Profesor dan ahli kesehatan dari Greater Baltimore Medical Center and the University of Maryland, Baltimore, Maryland and Johns Hopkins Hospital, ikan salmon adalah makanan yang “nyaris” mendekati sempurna dalam memberikan asupan DHA yang sangat dibutuhkan anak dalam perkembangannya. Kemudian, setelah anak lahir dan bisa makan sendiri, kebiasaan mengkonsumsi seafood pun harus diteruskan. Hal ini mengingat perkembangan otak maksimal dimulai dari dalam kandungan hingga usia anak delapan tahun. Pada masa ini jangan sampai anak terlewat mengkonsumsi seafood.

Selain Omega-3, seafood kaya akan kandungan protein yang juga sangat penting untuk mendukung kecerdasan anak dan daya tahan tubuhnya. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak membiasakan konsumsi seafood bagi si kecil, karena hal itu akan memberikan manfaat sangat besar kepadanya.

Agar si kecil mau rutin mengkonsumsi seafood orangtua harus memberikan contoh dan membiasakan anak. Sediakan menu seafood secara rutin di meja makan. Anda pun harus ikut makan menu tersebut agar si kecil mau memakannya. Sering kali, kekurangsukaan orangtua terhadap seafood membuat anak juga enggan makan menu tersebut. Sebab, biasanya mereka akan mencontoh orangtuanya. Kalau perlu, sesekali ajak anak untuk makan seafood di restoran bercitarasa istimewa agar ia semakin menyukai menu seafood. Namun, bila memang anak benar-benar tidak suka seafood, tak perlu kuatir. Sebab, saat ini ada suplemen liver oil dari ikan cod yang mengandung DHA sangat tinggi untuk perkembangannya. Semoga, si kecil makin sehat dan pintar ya…

Sumber :
http://inspirasisehat.com/seven-seas-healthy-guides/272-seafood-yang-mencerdaskan-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar