Sabtu, 28 Agustus 2010

Racikan Seafood Praktis untuk Sehari-hari

SUKA makanan laut tetapi ogah mengolahnya? Tak perlu khawatir, dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di pasar swalayan, Anda bisa mempraktikkannya di rumah. Racikan minggu ini adalah resep rahasia Chef Steven Yau Chin Fai dari Grand Ocean, Jl HR Muhammad, untuk sajian Oriental Kitchen di Sinar Supermarket Darmo Satelit.

Kendati diakui Steven, banyak orang enggan mengonsumsi kerang hijau (crassostrea gigas) karena berpikir warna hijau muncul karena penyakit, parasit, atau pengaruh tembaga di air.

Menurut penelitian, warna hijau tersebut disebabkan tumbuhan yang menjadi makanan utama kerang. “Semacam alga berwarna hijau,” kata Steven. Sehingga kulitnya berubah menjadi hijau, selain karena kerang ini hidup di karang di perairan asin (laut) atau air payau. Jadi, tak berbahaya dikonsumsi manusia.

Padahal, kerang hijau kaya protein, zat besi, kalsium, dan vitamin A. Seperempat kilogram kerang hijau rata-rata sama kandungan gizinya dengan seperempat liter susu atau setengah kilogram roti. Tak heran bila di Eropa, kerang hijau jauh lebih mahal dibanding jenis kerang lainnya.

Cara pengolahan kerang juga beragam. Bisa dimakan mentah, diasap, direbus, dipanggang, digoreng, bahkan sebagai tambahan minuman. Rasa olahan kerang hijau pada resep ini terasa kenyal di antara kuah kaldu ikan yang segar.

Racikan lainnya adalah ikan salmon gulung saus Jepang. Ikan salmon kaya lemak omega-3 yang baik bagi otak. Diolah bersama jamur enoki yang renyah ketika dimakan. Pilih jamur enoki yang berwarna putih segar.

Sebelum diolah, potong pangkal jamur. Kalau dipakai sebagai tambahan masakan, masukkan paling belakang atau tidak terlalu lama mengolahnya. Sebab akan terasa keras. Jamur mungil ini merupakan sumber vitamin D dan sedikit vitamin B-komplek bagi tubuh. ida


Sup Kerang Hijau Kaldu Ikan
Bahan:

500 gr kerang hijau (ambil dagingnya)
500 gr daging dan tulang ikan
300 ml susu cair
4 sdm gula
100 gr wortel, jamur merang, dan kentang
Garam dan merica secukupnya

Membuatnya:

1.Daging dan tulang ikan direbus lalu saring untuk diambil kaldunya. Sisihkan.
2.Rebus wortel, jamur merang, dan kentang secara terpisah. Tiriskan, lalu campur dengan kaldu ikan menjadi kuah sup.

3.Rebus kerang hijau selama lima menit di tempat terpisah. Setelah matang, potong dagingnya sesuai selera.

4.Campur kuah sup dengan potongan daging kerang hijau. Sajikan hangat.

Ikan Salmon Gulung Saus Jepang
Bahan:

1 ekor ikan salmon fillet
Jamur enoki (mirip taoge) secukupnya
Wortel, potong panjang tipis atau diserut
Garam dan merica hitam secukupnya
Saus yakiniku siap pakai

Membuatnya:

1.Letakkan jamur enoki dan serutan wortel di atas salmon fillet. Taburi campuran garam dan merica hitam di atasnya. Gulung dan sisihkan.

2.Tuang minyak goreng secukupnya di atas wajan datar. Goreng salom gulung sambil dibolak-balik selama tiga menit hingga salmon berubah warna kecokelatan, angkat, tiriskan. Santap dengan saus yakiniku yang beraroma bawang putih.



Sumber :
http://www.surya.co.id/2009/02/14/racikan-seafood-praktis-untuk-sehari-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar